RPP Tematik

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Tematik
Kelas / Semester : 2 (dua) / 1 (satu)
Tema : Lingkungan
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit

Standar Kompetensi
Ilmu Pengetahuan Sosial
1. Memahami kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkunga keluarga
Pendidikan Kewarganegaraan
2. Menampilkan sikap cinta lingkungan
Seni Budaya dan Keterampilan
 Seni Musik
4. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
Kompetensi Dasar
Ilmu Pengetahuan Sosial
2.1 Memberi contoh bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan tetangga
Pendidikan kewarganegaraan
2.2 Melaksanakan pemeliharaan lingkungan alam
Seni Budaya dan Keterampilan
 Seni Musik
4.1 Memeragakan dinamik sederhana

Indikator
Ilmu Pengetahuan Sosial
 Menyebutkan contoh bentuk kerjasama di lingkungan tetangga
 Mengikuti kegiatan yang dilakukan secara bekerjasama dengan tetangga
 Merancang sendiri bentuk kerjasama di lingkungan tetangga yang akan dilakukan
Pendidikan Kewarganegaraan
 Membedakan lingkungan yang bersih dan lingkungan yang kotor
 Memilih hewan dan tumbuhan yang paling disukai
 Mendemonstrasikan cara menanam pohon
Seni Budaya dan Keterampilan
 Seni Musik
 Menghapal lagu yang berhubungan dengan alam
 Memilih sendiri lagu yang akan dinyanyikan
 Menyanyikan lagu yang berhubungan dengan alam

I. Tujuan Pembelajaran
Ilmu Pengetahuan Sosial
 Siswa dapat menyebutkan contoh bentuk kerjasama di lingkungan tetangga
 Siswa dapat mengikuti kegiatan yang dilakukan secara bekerja sama dengan tetangga
 Siswa dapat merancang sendiri bentuk kerjasama di lingkungan tetangga yang akan dilakukan
Pendidikan Kewarganegaraan
 Siswa dapat membedakan lingkungan yang bersih dan lingkunga yang kotor
 Siswa dapat memilih hewan dan tumbuhan yang paling disukai
 Siswa dapat mendemonstrasikan cara menanam pohon
Seni Budaya dan Keterampilan
 Seni Musik
 Siswa dapat menghapal lagu yang berhubungan dengan alam
 Siswa dapat memilih sendiri lagu yang akan dinyanyikan
 Siswa dapat menyanyikan lagu yang berhubungan dengan alam
II. Materi Pembelajaran
Ilmu Pengetahuan Sosial
 Saling membantu di lingkungan tetangga
Pendidikan Kewarganegaraan
 Mengenal dan melestarikan lingkungan alam sekitar
Seni Budaya dan Keterampilan
 Seni Musik
 Perubahan keras lembutnya lagu
III. Metode Pembelajaran
 Ekspositori
 Peningkatan kemampuan berpikir
 Demonstrasi
IV. Kegiatan Pembelajaran (2 x 35 menit)
1. Kegiatan Awal (10 menit)
 Mengkondisikan kelas padan situasi belajar
 Berdo’a bersama
 Melakukan absen terhadap siswa
2. Kegiatan Inti (40 menit)
 Mengadakan tanya jawab tentang lingkungan sekolah, dan lingkungan rumah
 Guru menjelaskan tentang lingkungan
 Siswa menyimpulkan ciri-ciri lingkungan bersih dan lingkungan kotor
 Siswa mendemonstrasikan cara menanam pohon
 Siswa mendengarkan lagu tentang lingkungan yang dinyanyikan guru
 Siswa meniru menyanyikan lagu yang telah dicontohkan guru
 Guru menanyakan kembali kepada siswa mengenai materi yang diajarkan
3. Kegiatan Akhir (20 menit)
 Menyimpulkan materi pembelajaran
 Melaksanakan penilaian
 Siswa mencatat yang tugas yang harus dikerjakan di rumah

V. Sumber Belajar
 Buku tematik kelas 2
 Buku paket IPS kelas 2
 Buku paket PKn kelas 2
 Buku SBK kelas 2
 Media elektronik
 Lingkungan sekitar
 Pengalaman siswa
 Lagu Anak-anak

Menanam Jagung
Ayo Kawan Kita Bersama
Menanam Jagung Di Kebun Kita
Ambil Cangkulmu Ambil Pangkurmu
Kita Bekerja Tak Jemu-Jemu
Cangkul Cangkul Cangkul Yang Dalam
Tanah Yang Longgar Jagung Kutanam
Beri Pupuk Supaya Subur
Tanamkan Benih Dengan Teratur
Jagungnya Besar Lebat Buahnya
Tentu Berguna Bagi Semua
Cangkul Cangkul Aku Gembira
Menanam Jagung Di Kebun Kita

VI. Penilaian
A. Bentuk Tes
Lisan :
 Keberanian menjawab dan mengemukakan pendapat
 Ketepatan jawaban
 Keberanian tampil di depan kelas
 Keberanian bertanya
 Sikap siswa saat mengikuti pelajaran
 Kerapihan dan ketepatan dalam mengerjakan soal
Tertulis :
1. Pilihan Ganda
2. Uraian

B. Jenis Tes
 Soal Tes
I. Pilihan Ganda

1. Dalam kehidupan sehari-hari, dengan tetangga kita harus senantiasa bersikap……
A. Bermusuhan C. Taat
B. Rukun D. Saling Menjauhi
2. Apabila kita melihat tetangga kita sedang mengalami kesulitan kita harus……..
A. Menolong C. Menghina
B. Menyindir D. Diam Saja
3. Bekerjasama membersihkan lingkungan di sekitar rumah, merupakan kewajiban……..
A. Kepala Desa C. Seluruh Anggota Keluarga
B. Ayah D. Guru dan Kepala Sekolah
4. Agar udara dapat teras sejuk dan terbebas dari polusi, kita harus…….
A. Membuang sampah sembarangan
B. Membersihkan selokan
C. Menanam pohon
D. Memelihara binatang sebanyak mungkin
5. Lengkapi bait lagu di bawah ini !!!!!
Tik Tik Tik
Bunyi Hujan Di Atas Genting
Airnya Turun Tidak Terkira
Cobalah Tengok Dahan dan Ranting
…………………………………….
A. Pohon dan Kebun Basah Semua
B. Bunga dan Pohon Basah Semua
C. Mawar Melati Semuanya Indah
D. Banyak Pohon Cemara

II. Isian
1. Sebutkan contoh kegiatan yang dapat dilakukan dengan cara bekerjasama dengan tetangga…….
2. Sikap bekerjasama dengan tetangga dalam menjaga kebersihan disebut sikap…….
3. Sebutkan salah satu semboyan kebersihan…….
4. Sebutkan ciri-ciri lingkungan yang kotor…….
5. Sebutkan 3 lagu yang berhubungan dengan alam…….

 Kunci Jawaban
I. Pilihan Ganda
1. B
2. A
3. C
4. C
5. A
II. Isian
1. Kerja Bakti
2. Gotong Royong
3. Kebersihan Pangkal Kesehatan, Kebersihan Sebagian Dari Iman, Buanglah Sampah Pada Tempatnya
4. Banyak sampah berserakan, bau, airnya tercemar/kotor, udaranya tidak bersih, dll
5. Naik-naik ke puncak gunung, menanam jagung, lihat kebunku, dll
III. Penilaian
I. Pilihan Ganda II. Isian
No 1. Nilai 10 No 1. Nilai 10
No 2. Nilai 10 No 2. Nilai 10
No 3. Nilai 10 No 3. Nilai 10
No 4. Nilai 10 No 4. Nilai 10
No 5. Nilai 10 No 5. Nilai 10
Total Skor PG = 50 Total Skor Isian = 50

Jumlah = 50 + 50 = 100

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s